Tuesday, January 10, 2012

VPN (Virtual Private Network)


Menyambung postingan saya yang sebelumnya tentang Komunikasi Jaringan WAN (Wide Area Network), maka lebih lanjut kita akan membahas tentang Kategori Jaringan WAN berdasarkan tekonologi yang digunakan.
Pada dasarnya, semua perangkat komputer yang dilengkapi dengan fasilitas pengalamatan IP dan diinstalasi dengan aplikasi pembuat tunnel dan algoritma enkripsi dan dekripsi, pasti bisa membangun komunikasi VPN (Virtual Private Network). Komunikasi VPN dengan tunneling dan enkripsi ini bisa dibangun antara sebuah router dengan router, antara sebuah router dengan banyak router, antara PC dengan server VPN concentrator, antara router atau PC dengan firewall berkemampuan VPN, dan banyak lagi.
 
Dengan adanya fleksibilitas dalam penggunaan VPN inilah, teknologi ini menjadi berkembang pesat dalam penggunaan sehari-hari sehingga mengubah cara-cara berkomunikasi, berbisnis, belajar, bersenang-senang, dan banyak aktivitas lainnya. VPN dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja selama ada koneksi Internet yang memadai.
VPN dapat menggunakan kedua bentuk kriptografi, yaitu kriptografi kunci simetris dan kriptografi kunci publik.  
 Kriptografi kunci simetris biasanya lebih efisien dan membutuhkan ongkos pemrosesan yang lebih murah bila dibandingkan dengan kriptografi kunci publik. Oleh karena itu, kriptografi kunci simetri lebih sering digunakan untuk mengenkripsi bagian terpenting dari data yang akan dikirimkan melalui VPN. Salah satu masalah dalam kriptografi kunci simetris adalah kunci harus dipertukarkan untuk memastikan confidentiality.
Algoritma yang umumnya digunakan untuk mengimplementasi kriptografi kunci simetris meliputi:
·         Digital Encryption Standard (DES)
·         Triple DES (3DES)
·         Advanced Encryption Standard (AES)
·         Blowfish, RC4
·         International Data Encryption Algorithm (IDEA)
·         Hash Message Authentication Code (HMAC) varsi Message Digest 5 (MD5)
·         Secure Hash Algorithm (SHA-1).

Sedangkan algoritma yang umumnya digunakan untuk algoritma kunci publik adalah meliputi RSA, Digital Signature Algorithm (DSA), dan Elliptic Curve DSA (EDBSA). Hal yang penting untuk dipahami adalah VPN tidak menghilangkan semua resiko dari jaringan. Walaupun VPN dapat mengurangi resiko, untuk komunikasi yang dijalankan melalui jaringan publik seperti internet, VPN tidak dapat mengeliminasi semua resiko dari komunikasi seperti itu. Salah satu potensi masalah adalah kekuatan dari implementasi. Contohnya, celah-celah dalam algoritma enkripsi atau perangkat lunak.

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri