Thursday, January 12, 2012

Tipe Alamat Pendukung Pada IPv6

Dilihat dari judul postingan diatas sudah barang tentu materi berikut masih ada sangkut pautnya dengan materi postingan sebelumnya tentang Pengalamatan IPv6. Satu perubahan penting yang terdapat pada model pengalamatan dari IPv6 adalah tipe alamat yang didukungnya. 




Pada  IPv4 hanya mendukung tiga tipe alamat seperti: unicast, multicast, dan broadcast dengan actual traffic yang paling banyak digunakan  adalah alamat unicast. IP multicast pada IPv4 tidak dikembangkan untuk keperluan luas ssampai beberapa tahun setelah internet diluncurkan dan terus berlanjut dengan beberapa isu yang menghambat dari perkembangannya. Sedangkan IP Broadcast memiliki beberapa alasan yang ditolak dengan alasan performansi (Performance).

Pada IPv6 juga memiliki 3 tipe alamat seperti yang ada pada IPv4 akan tetapi dengn beberapa perubahan. Tipe alamat IPv6 terbagi menjadi 3, yaitu : unicast, multicast dan anycast . Selain ketiga pembagian tipe alamat tersebut, IPv6 juga memiliki satu tipe alamat lagi yang digunakan untuk keperluan di masa yang akan datang yang dinamakan dengan reserved.

Berikut adalah penjelasan dari ke 3 tipe alamat pada IPv6 :

Alamat Unicast

Alamat unicast digunakan untuk komunikasi satu lawan satu dengan menunjuk satu host. Alamat unicast dapat dibagi lagi menjadi 4 bagian yaitu:
  • Alamat Global. Alamat yang digunakan misalnya untuk keperluan addressing provide atau addressing  geografis.
  • Alamar Link Local  adalah alamat yang dipakai didalam satu Link saja.(* yang dimaksud Link dsini adalah jaringan lokal yang saling terhubung pada satu level). Alamat ini dibuat secara otomatis oleh host yang belum mendapatkan alamat global.
  • Site local, yaitu alamat yang setara dengan alamat private, yang dipakai terbatas di dalam site saja. Alamat ini dapat diberikan dengan bebas asalkan memiliki ciri khas unik didalam site tersebut, namun alamat ini tidak dapat mengirimkan paket dengan tujuan alamat di luar dari site tersebut.
  • Compatible.
Alamat Multicast
 
Alamat multicast digunakan untuk komunikasi 1 lawan banyak dengan menunjuk host dari group. Alamat multicast ini pada IPv4 didefinisikan sebagai kelas D, sedangkan pada IPv6 ruang yang 8 bit pertamanya dimulai dengan "FF" disediakan untuk alamat multicast. Ruang ini selanjutnya dibagi-bagi lagi untuk keperluan range berlakunya.

Alamat Anycast

Alamat Anicast digunakan ketika satu paket harus dikirimkan ke beberapa member dari group dan bukan mengirimkan ke seluruh member dari group atau dapat juga di katakan menunjuk host dari alamat jenis ini, sebuah alamat diberikan pada beberapa host, untuk mendifinisikan kumpulan node. 

Jika ada paket yang dikirim ke alamat ini, maka router akan mengirim paket tersebut ke host terdekat yang memiliki alamat anycast yang sama. Dengan kata lain, pemilik paket menyerahkan pada router tujuan yang paling sesuai / cocok bagi pengiriman paket tersebut.

Pemakaian alamat anycast ini misalnya terhadap beberapa server yang memberikan layanan seperti DNS (DOmain Name Server). Dengan memeberikan alamat anycast yang sama pada server-server tersebut, jika ada paket yang dikirim oleh clien ke alamat ini, maka router akan memilih server yang terdekat dan mengirimkan peket ke server tersebut,sehingga beban erhadap server dapat terdistribusi secara merata.

Bagi alamat anycast ini tidak disediakan ruang khsusus, sehingga apa bila terdepat beberapa host diberikan sebuah alamat yang sama, maka alamat tersebut dianggap sebagai alamay anycast.




*Winarno SUGENG

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri