Thursday, December 22, 2011

Belajar dan Mengenal Web


Word Wide Web (www atau Web) merupakan salah satu dari banyak layanan yang tersedia pada Internet dan pada jaringan pribadi.


www ini berasal dari pusat penelitian nuklir eropa (European Center For Nuclear Research - CERN), pada Maret 1989. sekitar 18 buan kemudia, prototipe berbasis -teks pertama berfungsi dan pada Desember 1991 peragaan publik pertama dilangsungkandi San Antonio, Texas. Pad Februari 1993, antarmuka atau interface pengguna grafis pertama, yang disebut Mosaic, diluncurkan. Mosaic begitu populer sehingga pengembang yang bekerja di National Center for Supercomputing Applications-NCSA keluar dari lembaga itu dan membenttuk perusahaan sendiri yang disebut Netcape.

Pada 1994 Konsorsium Word Wide Web (Word Wde Web Consortium-W3C) didirikan untuk mengembangkan standar dan mendorong peran serta di antara situs internet, informasi tentang W3C dapat ditemukan di http://www.w3.org.

Sejak awal penggunaannya pada 1989. web ini telah berubah secara dramatis dan sedang terus berkembang secara meluas. Melalui penggunaan aplikasi yang disebut browser, para penguna dapat mengakses banyak tumpukan informasi yang disimpan dalam server di seluruh dunia.

Browser dapat berupa browser berbasis teks atapun grafik dan memungkin seorang user untuk bernavigasi melalui informasi tersebut. Browser grafik biasanya digunakan dengan bantuan mouse atau piranti penunjuk lain untuk bergerak disepanjang isinya dan untuk memilih hal-hal yang kita inginkan. Efek menyeluruh layanan web ialah meningkatkan lingkungan interaktif bagi user untuk mengakses, memanipulasi, dan bernavigasi melalui informasi.


Pada awalnya Web ini berupa lingkungan Hypertex yang tersusun atas sederetan dokumen yang berisi tex. Anda bernavigasi di seluruh dunia an di antara dokumen teks melalui pengguna jalur. Jalur adalah penunjuk ke tempat-tempat dokumen lain dan mencakup nama dan path dari dokumen. Pada saat pengguna web ini tumbuh, banyak tipe file lain di buat menjadi dapat diakses, dan Web ini sekarang dipandang sebagai salah satu sistem hypermedia.

Satu keunggulan besar dari Web ini adalah ketersediaan informasi yang ditemoatkan dalam sistem tunggak atau beberapa sistem yang dapat diakes oleh siapapun yang tentau saja memahami internet.

File pada satu server yang memuat isi Web disebut page dan sistem yang menyimpan dan mengatur web page  ke browser disebut WEB. Apabila Anda masuk ke alamat Web, isi awal yang anada lihat pada browser Anda ketika informasi itu diperoleh disebut homepage.

Fornat page, spesifikasi isi, dan sintaksnya diatur oleh standar yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Konsep markup language ialah bahwa bahasa itu sendiri tidak mencakup intruksi-intruksi forat spesifik- lingkungan. alih-alih bahasa itu menggunakan tingkat kepentingan atau penekanan untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Contohnya: Alih-alih memerikan ukuan font yang sesungguhnya, seperti 48 point, angka 5 mewakili ukuran font yang lebih besar dari angka 3. Dengan cara ini penyusunan dokumen HTML dapat memberikan panduan tampilan sementara browser si pengguna menetapkan rincian yang digunakan dalam penyajian sesungguhnya untuk page tersebut.







0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri