Wednesday, December 7, 2011

Permodelan Perambatan Gelombang Luar Ruangan


Fungsi utama permodelan perambatan gelombang adalah memperkirakan kekuatan daya sinyal yang diterima oleh receiver. Seringkali hal ini dihitung dari besarnya daya yang hilang selama perambatan, yang disebut path loss. Path Loss merupakan perbedaan (dalam dB) antara daya efektif yang ditransmisikan dengan daya yang diterima pada receiver. Path Loss merepresentasi atenuasi sinyal sebagai suatu nilai positif dalam dB. Perhitungan Path Loss dapat menyertakan efek gain antenna maupun tidak.
Ada banyak permodelan yang dapat digunakan untuk memperkirakan path loss. Diantaranya adalah permodelan-permodelan yang akan kita bahas pada makalah ini ;

*      Durkin’s Model
*      Okumura Model
*      Hata Model
Masing-masing permodelan berbeda dari segi metode, keakuratan, maupun  segi lainnya. Namun semua permodelan ini tetap mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperkirakan kekuatan sinyal yang diterima oleh receiver pada sebuah area atau sektor tertentu.
Beberapa postingan yang berkaitan dengan Pemodelan Perambatan Gelombang saya ambil dari judul dan materi tugas akhir saya.

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri