Monday, December 19, 2011

Komunikasi Data

Tujuan utama dari komunikasi data adalah memungkinkan beragam hardware dan beragam sistem operasi berkomunikasi dan "memahami" satu sama lainnya. Untuk mewujudkan tujuan ini, medium transmisi yang digunakan di dalam komunikasi data harus memenuhi kriteria-kriteria hadware tertentu. Medium transmisi dan software tersebut hanyalah dua diantara banyak komponen yang membentuk sitem-sistem komunikasi data

Medium transmisi, atau sambungan (link), merujuk ke piranti-piranti yang digunakan untuk membawa informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Sebagai contoh, saluran telepon atau  kabel yang  membuka layanan telepon ke rumah Anda adalah medium transmisi yang membawa informasi suara dan data (Speedy). Diumpamakan terdapat 50 rumah dilingkungan Anda yang menggunakan saluran telepon, biasanya diluar daerah Anda terdapat sebuah kotak sambungan atau sentral  yang dikelola oleh perusahaan telepon. Sentral telepon digunakan untuk menghubungkan kotak-kotak sambungan yang berdekatan, melalui jalur fisik atau "rute" ke sentral induk milik perusahaan tersebut. Untuk contoh lingkungan 50-rumah diatas, perusahaan telepon yang bersangkutan tentu harus memasang 50 buah saluran yang terpisah di antara tiap-tiap kotak sambungan untuk membawa data dan informasi dari rumah-rumah di lingkungan tersebut ke sentral induk. 

Lebih jauh lagi , apabila lingkungan-lingkungan lainnya yang berada diantara daerah Anda dengan sentral induk menggunakan kotak-kotak sambungan yang sama, maka lebih banyak lagi jumlah saluran yang dibutuhkan untuk menangani semua percakapan / transmisi data dari lingkungan-lingkungan tersebut. Dengan kondisi seperti ini, akan terdapat ratusan atau bahkan ribuan sambungan kabel di sentral induk' tanpa memperhitungkan besarnya biaya semua kabel yang dibutuhkan, dan dapat dibayangkan betapa rumitnya pekerjaan yang harus dilakukan ketika akan menambah sambungan baru atau salah satu mengalami kerusakan fisik.

Untuk mengatasi kompleksitas jalur seperti diatas maka semua jalur data dari beberapa rumah sekaligus di-multiplexing-kan, atau digabungkan menjadi satu buah " bundel", dan kemudian ditransmisikan melalu sebuah kebal tunggal, yang menghubungkan tiap-tiap kotak sambungan.

Teknologi multiplexing digunakan juga pada berbagai jaringan komputer, terutama pada simpul-simpul Wide Area Network (WAN). Pada jaringan komputer, gelombang-gelombang pembawa (carrier) dengan frekuensi yang berbeda-beda memungkinkan sejumlah 'komunikasi/percakapan' komputer ditransmisikan secara sekaligus melalui satu medium transmisi yang sama. Apabila gelomban-gelombang pembawa dengan frekuensi yang berbeda-beda digunakan untuk mentransmisikan sinyal-sinyal informasi yang unik, sinyal-sinyal tersebut dapat dilewatkan pada satu medium transmisi yang sama tanpa mengakibatkan inteferensi anatar satu sama lainnya. Teknik-teknik yang digunakan untuk memodulasi gelombang pembawa pada frekuensi yang berbeda-beda adalah serupa dengan cara sebuah stasiun televisi menyiarkan siarannya.

*Schaum's ED TITTEL

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri