Monday, December 19, 2011

Sistem transmisi televisi (TV) satelit

Pagi ini masih pengin posting tentang transmisi neh.. itung-itung nambahin penjelasan tentang transmisi postingan sebelumnya. 

Untuk itu marilah kita "melihat" lebih dekat bagaimana sistem transmisi televisi dapat menangani sejumlah saluran televisi yang berbeda-beda secara bersamaan, karena eh karena teknologi transmisi yang digunakan pada televisi juga mengacu kepada teknologi multiplexing.

Berikut penjelasan singkatnya :

 
Masing-masing stasiun televisi menduduki sebuah nomor saluran, yang ditetapkan baginya untuk menyiarkan siarannya. Nomor saluran ini sebenarnya merupakan singkatan dari bilangan frekuensi, pada mana gelombang pembawa stasiun televisi yang bersangkutan berosilasi , "Osilasi adalah variasi periodik – umumnya terhadap waktu – dari suatu hasil pengukuran". 

Untuk menerima siaran dari stasiun tersebut, pesawat penerima harus mampu memilih, atau ditala, ke frekuensi yang sama. Sehingga, ketika Anda mengubah saluran televisi, Anda sebenarnya mengubah frekuensi yang bekerja pada komponen penerima di pesawat televisi Anda. Dengan menggunakan sebuah saluran, atau frekuensi, yang berbeda untuk tiap-tiap stasiun televisi yang ada, beberapa stasiun sekaligus dapat memancarkan siarannya pada waktu dan daerah geografis yang sama.

Televisi kabel juga menggunakan prinsip yang sama. hanya saja medium transmisi yang digunakan adalah kabel dan  bukanya atmosfir. Tiap-tiap stasiun TV kabel menduduki sebuah frekuensi yang berbeda dari yang lainnya, dan sejumlah besar saluan TV dapat mentransmisikan secara bersamaan (simultan) melalui sebuah medium transmisi yang sama (multiplexing). 



0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 mas Joko
Theme by Yusuf Fikri